PETUNJUK PEMERIKSAAN DESAIN DAN RAB


PETUNJUK PEMERIKSAAN DESAIN DAN RAB

HAL – HAL YANG HARUS DIPERIKSA
Sepuluh item dibawah ini dipilih karena sangat diperlukan untuk menilai kelayakan desain. Yang diperiksa termasuk semua gambar desain, take off sheets dan RAB. Rata – rata item tersebut masih bersifat umum, karena kebutuhan berbeda – beda tergantung jenis dan kegiatan.

Dibawah ini terdapat keterangan ke – 10 item yang harus diperiksa . Barangkali pemeriksa akan ketemu masalah atau pertanyaan diluar sepuluh item ini. Jika ada, masalah dan tindakan yang diiperlukan diuraikan dalam formulir.

Item Yang Diperiksa

Keterangan
Lokasi Jelas pada Peta
Minimal ada peta desa yang menunjukkan lokasi prasarana yang akan dibangun, agar mudah dicari dilapangan. Peta tersebut seharusnya dilengkapi detai-detail yang relevan, misalnya lokasi kampung, sungai dan akses utama. Alangkah baik bila ada peta kecamatan yang menunjukkan lokasi desa. Peta boleh diambil dari usulan (jika lengkap dan jelas), tetapi harus menjadi satu bagian dari desain tanpa harus membuka proposal kembali.
Lokasi Prasarana Tepat
Barangkali dari gambar denah atau peta kelihatan lokasi prasarana kurang tepat, baik dari pandangan teknis maupun aturan. Dari pandangan teknis termasuk hal-hal seperti jembatan yag diletakkan ditikungan sungai , jalan yang tidak akan berfungsi karena belum ada jembatan, atau pasar yang jauh dari tempat ramai. Dari pandangan aturan , terdapat prasarana yang merupakan satu kesatuan.
Lokasi Perlengkapan Jelas
Menurut RAB dan gambar detail, prasarana yang dibangun dilengkapi dengan berbagai struktur: tembok penahan tanah, gorong-gorong, bangunan bagi (irigasi), tempat pembuangan sampah dan MCK (pasar), septic tank (MCK), pelepas tekanan (air bersih), dan sebagainya. Perlengkapan ini harus jelas di gambar denah agar, dibangun sesuai dengan rencana. Kalau tidak ditunjuk, barangkali gorong-gorong yang besar dan kecil tertukar dan salah tempat.
Perhitungan teknis jelas dan tepat
Untuk banyak hal perlu perhitungan-perhitungan yang dicantumkan pada take off sheets. Hal ini termasuk perhitungan stabilitas tembok penahan atau abutmen jembatan, debit air pada tiap titik di suatu jaringan air bersih, kebutuhan air untuk irigasi, besarnya septic tank yang diperlukan , kekuatan jembatan dan ukuran gelagar yang diperlukan dan sebagainya.
Gambar Detail Cukup
Gambar detail adalah pedoman kontruksi sesuatu bangunan . Gambar detail termasuk gambar tipikal, detail penulangan besi , ukuran bangunan, detail atap pasar, detail rumah pompa, detail septic tank dan peresapan , datail lantai jembatan dan sebagainya. Jika kemungkinan ada kesalahan kontruksi atau ada kemungkinan ada metode alternative, harus ada gambar detail tersendiri – tidak hanya di take off sheets.
Demensi dan Spesifikasi Lengkap
Tim desa, FD dan Mandor harus tahu seluruh dimensi yang ada disuatu bangunan, tanpa menghitung melalui data volume yang ada di RAB. Begitu pula tentang – spesifikasi bangunan dibuat dari bahan apa dengan ukuran berapa ? . Jika metode kerja mempunyai urutan atau langkah – langkah tertentu, harus masuk dalam gambar desain.
Pemilihan Jenis Kontruksi
Untuk membangun suatu struktur, kadang-kadang terdapat beberapa jenis kontruksi yang dapat digunakan karena kriteria-kriteria dan aturan yang ada. Apakah misalnya menggunakan gelagar beton yang lebih panjang dari pada batas maksimal 6 meter ?Apakah menggunakan pipa resapan didaerah yg air tanah cukup tinggi? Apakah menggunakan jenis pipa yang betul ?. Apakah jenis atap pasar betul atau aturan lalu lintas di pasar cukup teratur?Apakah jenis tembok penahan tanah cukup kuat ?.

Volume Sesuai
FT/PL dapat menghitung sebagian dari angka-angka yang ada RAB untuk melihat apakah perhitungan volume sesuai dengan gambar. Yang dihitung termasuk semua komponen yang relative besar biayanya, misalnya batu dan pasir untuk jalan telford. Seharusnya perhitungan oleh FT/PL tidak jauh dari angka yang ada di RAB, karena kalau jauh berbeda berarti memakai rumus yang berbeda, atau mungkin tidak masuk factor loss. Jumlah buis beton dapat dihitung langsung, serta profil baja.

Harga Wajar
FT harus memiliki daftar harga wajar untuk wilayahnya . Apakah lokasi ini menggunakan harga jauh berbeda denagan lokasi lain, mengingat perbedaan dalam ongkos kirim ? Begitu pula harga semen dan baja dan biaya untuk tenaga kerja.

Penggunaan Peralatan
Wajar
Jika alat besar dignakan, harus menjawab dua pertanyaan. Apakah alat tersebut diperlukan , dan apakah volume pemakainnya wajar ?. Untuk alas an-alasan pemakainnya seharusnya ada format tersendiri kecuali untuk mesin gilas untuk memadatkan jalan. Perhitungan penggunaan alat seharusnya terdapat di take off sheets. Apakah penggunaan ini proposional dengan lokasi lain ?. Apakah mobilisasi dioptimalkan antar lokasi yang berdekatan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s