Publics Relations


BAB IV <!– @page { size: 21cm 29.7cm; margin: 2cm } P { margin-bottom: 0.21cm } –>

Publics Relations

1 Public Relations dalam Manajemen Patra Semarang Convention Hotel.

Persaingan yang semakin tajam di dunia bisnis perhotelan menuntut pihak manajemen Patra Semarang Convention Hotel memutuskan perlu membentuk public relations. Patra Semarang Convention Hotel dalam kegiatan operasionalnya melakukan hubungan dengan berbagai pihak. Patra Semarang Convention Hotel mempunyai praktisi yang berfungsi sebagai pelaksana kegiatan hubungan kemasyarakatan yaitu praktisi public relations. Pelaksana public relations pada Patra Semarang Convention Hotel mempunyai peran yang besar terhadap perkembangan dan kemajuan hotel.

Secara struktural public relations berada dibawah komando marketing department dan bertanggung jawab terhadap department tersebut dalam beberapa hal, tapi public relations mempunyai satu kepala sendiri yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan semua kegiatan public relations. Public relations Patra Semarang Convention Hotel pada dasarnya secara struktural merupakan bagian integral dari suatu perusahaan dan fungsinya tidak dapat dipisahkan.

2 Tujuan Public Relations

Patra Semarang Convention Hotel mempunyai visi dan misi tersendiri agar para konsumen mempunyai kesan atau daya ingat tersendiri, adalah

  1. Visi Patra Semarang Convention Hotel

Patra Semarang Convention Hotel ingin dikenal sebagai hotel bintang lima yang memiliki karyawan yang selalu peduli dan tersenyum kepada orang-orang.

  1. Misi Patra Semarang Convention Hotel

    1. Untuk Tamu

Patra Semarang Convention Hotel selalu peduli dan memberikan senyuman kepada tamu sehingga menciptakan image bahwa Patra Semarang Convention Hotel adalah hotel yang paling sesuai untuk tinggal

    1. Untuk Karyawan

Tempat mengembangkan karier dan kesempatan serta memberikan kehidupan yang lebih balk.

    1. Untuk Keuangan

Selalu konsisten dalam mempromosikan dan menjual produk hotel dan bertindak secara efesien akan mendatangkan pendapatan untuk mempertahankan perusahaan.

    1. Untuk Masyarakat

Grand Candi Hotel peduli dan menjalin hubungan balk dengan masyarakat serta menganggap masyarakat sebagai rekan dalam mewujudkan keselamatan dan rasa aman terhadap tamu hotel.

3 Tahapan Kerja Public Relations

Dalam melaksanakan aktivitas atau kegiatannya, public relations mengadakan pendekatan dengan publik. Public relations melaksanakan tugas atau pekerjaannya secara bertahap karena hal ini sangat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Adapun tahapan kerja public relations adalah sebagai berikut:

  1. Tahap penemuan data (fact finding)

Pada tahap ini public relations melakukan penelitian dan menganalisa situasi atau kondisi masyarakat yang berkaitan dengan Patra Semarang Convention Hotel. Publik Grand Candi Hotel terdiri dari publik intenal dan publik eksternal. Tehadap publik internal, kegaitan public relations dijalankan untuk mengetahui hal-hal yang bekaitan dengan karyawan, pimpinan dan pihak internal lainnya. Sedangkan terhadap publik ekternal, kegiatan public relations bertujuan untuk memperoleh informasi dari berbagai lapisan masyarakat di luar Patra Semarang Convention Hotel, mengenai tanggapan mereka terhadap Patra Semarang Convention Hotel.

  1. Tahap perencanaan (planning)

Kegiatan public relations pada tahap ini yaitu menentukan hal-hal apa saja yang akan dikerjakan dan juga memanfaatkan penemuan informasi pada tahap fact finding. Hasil dari penelitian sebelumnya akan menjadi dasar utama dalam merencanakan program kerja berikutnya.

  1. Tahap tindakan dan komunikasi ( action and communiation )

Kegiatan pada tahap ini tidak terlepas dari perencanaan mengenai apa yang akan dikomunikasikan, siapa, dimana, kapan dan bagaimana pelaksanaan tindakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

  1. Tahap evaluasi

Tahap ini merupakan tahap akhir dalam melaksanakan proses kerja public relations, yang bermanfaat untuk mengevaluasi atau menilai pelaksanaan kerja public relations yang telah dijalankan.

4 Tujuan Promosi

Patra Semarang Convention Hotel melaksanakan kegiatan promosi dengan tujuan utama untuk memperoleh laba dan meningkatkan volume penjualan. Sedangkan tujuan lain dari pelaksanaan kegiatan promosi yang dilakukan oleh Patra Semarang Convention Hotel adalah

  1. Memodifikasi tingkah laku.

Promosi yang dijalankan Patra Semarang Convention Hotel diarahkan untuk mempengaruhi tingkah laku dan memberikan informasi mengenai hotel dan produknya sehingga akan dapat menciptakan pesan yang positif untuk mendorong pembelian barang dan jasa perusahaan. Jadi tujuan memodifikasi tingkah laku adalah untuk merubah dan menarik yang bukan pembeli menjadi pembeli dan meningkatkan frekuensi produknya. Kegiatan memodifikasi tingkah laku ini pada Grand Candi Hotel dilaksanakan dengan metode personal selling karena dapat mengadakan tatap muka langsung dengan konsumen agar bisa merubah dan menarik minat mereka untuk membeli atau menggunakan produk jasa yang dihasilkan. Dengan personal selling ini akan dapat mengetahui secara langsung mengenai tingkah laku dan reaksi yang diberikan oleh konsumen.

  1. Memberitahu

Promosi yang dilaksanakan Patra Semarang Convention Hotel betujuan untuk memberitahu atau memberikan informasi agar dapat menciptakan permintaan primer. Informasi yang disampaikan dapat bermanfaat dalam menciptakan permintaan primer, karena, pada umumnya masyarakat tidak akan membeli suatu produk yang ditawarkan dan manfaat yang dapat diperoleh dari pembelian atau pemakaian produk tersebut. Promosi yang bersifat informative ini juga penting bagi konsumen karena dapat membantu dalam mengambil keputusan pembelian. Oleh karena itu Grand Candi Hotel mengadakan promosi dengan tujuan untuk memberitahukan atau memberikan informasi mengenai hotel dan produknya misalnya melalui media periklanan. Iklan-iklan tersebut dimuat diberbagai surat kabar, majalah, media elektronik dan media lain agar masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai Patra Semarang Convention Hotel, dari produk, fasilitas, maupun acara-acara apa saja yang sedang dilaksanakan di hotel.

  1. Membujuk

Promosi yang besifat persuasif pada Grand Candi Hotel Semarng ini, diarahkan untuk mendorong pembelian. Kegiatan membujuk atau memberikan pengaruh biasanya dilaksanakan dengan metode personal selling. Dengan personal selling ini diharapkan akan dapat memberikan bujukan kepada para konsumen, misalnya dengan mmeberikan potongan harga dan meberikan keunggulan-keunggulan produk yang ditawarka, sehinga masyarakat akan tertarik untuk menggunakan produk yang dihsilkan oleh Patra Semarang Convention Hotel.

  1. Mengingatkan

Promosi yang bersifat mengingatkan pada Grand Candi Hotel, bermanfaat dalam mempertahankan merek produk dan pilihan dihati masyarakat atau paling tidak mepertahankan pembeli yang ada atau pelanggannya. Jadi kegiatan promosi Grand Candi Hotel juga bertujuan untuk mengingatkan masyarakat pada hotel dan produknya, misalnya melalui media papan reklame yang dipasang di jalan Sultan Agung dengan harapan agar masyarakat yang melewati daerah tersebut, setiap saat akan selalu ingat dengan hotel dan produk atau fasilitas yang disediakan.

5 Sasaran Promosi

Sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan promosi Patra Semarang Convention Hotel adalah seluruh lapisan masyarakat yang memerlukan jasa dan fasilitas yang di sediakan oleh Grand Candi Hotel baik masyarakat yang ada didalam negeri maupun luar negeri. Sasaran atau jenis pembeli yang ingin dicapai misalnya saja seseorang dan kelompok masyarakat, serta lembaga atau instansi baik lembaga pemerintah, swasta maupun pendidikan yang membutuhkan pelayanan penginapan dan fasilitas-fasilitas seperti konvensi, fasilitas umum, fasilitas oleh raga, rekreasi dan lain-lain.

  1. Individu atau seseorang dan sekelompok masyarakat.

Jenis pembeli ini misalnya saja individu atau kelompok masyarakat biasa yang sedang berlibur atau sedang dlam perjalanan yang membutuhkan fasilitas kamar sebagai tempat menginap maupun fasilitas-fasilitas lain yang tersedia. Jenis pembeli ini juga termasuk wisatawan domestik dan mancanegara yang sedang berlibur maupun sedang dalam perjalanan yang memerlukan tempat peristirahatan dan tempat berlibur serta fasilitas-fasilitas lainnya. Di samping itu jenis pembeli ini juga termasuk para pengusaha yang ingin menginap maupun menyelenggarakan dan mengikuti acara rapat, seminar, dan lain-lain.

  1. Lembaga pemerintah, perusahaan swasta dan lembaga pendidikan misalnya saja PT Telkom, Texmaco, perusahaan asuransi dan lain-lain. Misalnya saja mereka ingin menggunakan fasilitas kamar untuk menginap atau produk gedung untuk menyelenggarakan pameran, konvensi, seminar, wisuda, dan lain sebagainya.

6 Kegiatan Promosi Patra Semarang Convention Hotel.

Kegiatan promosi Grand Candi Hotel dilaksanakan melalui empat variabel promotional mix yaitu periklanan, promosi penjualan, publisitas, personal selling. Kegiatan promosi ini pada umumnya dilaksanakan oleh seluruh bagian yagn ada pada Grand Candi Hotel, akan tetapi secara khusus untuk kegiatan promosi ini dilaksanakan oleh para pegawai marketing atau pemasaran dan jugs pegawai public relations yang membantu pelaksanaan kegiatan promosi produk kamar, dan juga fasilitas-fasilitas lain yang disediakan untuk konsumen.

6.1 Periklanan

Kegiatan periklanan yang dilakukan Patra Semarang Convention Hotel bertujuan memberitahu atau memberi informasi tentang hotel dan produk yang dihasilkan kepada masyarakat. Disamping itu dengan adanya iklan maka dapat mengingatkan masyarakat untuk membeli atau menggunakan produk-produk yang disediakan.

Media periklanan yang digunakan Patra Semarang Convention Hotel dapat diklasifikasikan menjadi dua. Media-media tesebut adalah media cetak dan elektronik

a. Media Cetak

Media cetak yaitu media untuk menyampaikan pesan-pesan dengan kata­kata, gambar atau foto, baik dalam bentuk warna maupun hitam putih. Jenis jenis media cetak diantaranya

  1. Surat Kabar dan Majalah

Media surat kabar dan majalah digunakan untuk kegiatan periklanan agar seluruh lapisan masyarakat yang ada dapat membacanya. Surat kabar yang sering digunakan adalah : Suara Merdeka, Bisnis Indonesia, Jawa Pos, Kompas, Wawasan. Selain menggunakan surat kabar, Grand Candi Hotel juga menggunakan majalah sebagai media promosi. Keunggulan menggunakan media surat kabar misalnya; dapat diterim oleh masyarakat luas, memuat hal-hal yang actual, pada umumnya tepat waktu, cakupan pasarnya luas balk dalam lingkup lokal maupun nasional, dan lain-lain. Didamping memiliki kelebihan, dalam menggunakann media surat kabar juga terdapat kelemahannya diantaranya adalah hanya dibaca dalam waktu singkat.

Majalah yang digunakan antar lain ; Kartini, Femina dan lain-lain Keunggulan menggunakan media majalah diantaranya; kualitas gambar sangat bagus, menjangkau segmen pasar tetentu yang lebih spesifik, masa edar sangat panjang dan bisa dijadikan bahan koleksi. Sedangkan kekurangan yang diperoleh apabila menggunakan majalah diantaranya ; biaya mahal, waktu peredarannya sangat lambat, pemesanan tempat dan harus dilaksanakan jauh jauh hari dan biasanya tempat-tempat tertentu di majalah kadang-kadang kontrak untuk jangka waktu yang lama.

  1. Buku Petunjuk Telepon

Melalui iklan yang dimuat di buku telepon ini, diharapkan masyarakat ingin mengetahui informasi mengenai Grand Candi Hotel akan dapat segera melihat atau menemukan informasi yang diharapkan. Misalnya saja ketika mereka membuka buku petunjuk telepon mereka dapat mengetahui alamat atau nomor telepon yang dapat dihubungi dengan segera.

  1. Brosur

Brosur merupakan tulisan yang berisi petunjuk atau keterangan mengenai keberadaan do fasilitas yang ada di Grand Candi Hotel. Brosur ini di disain sedemikian rupa untuk memberikan informasi yang menarik pada konsumen. Untuk menyebarkan brosur-brosur tesebut Grand Candi Hotel mengadakan kerjasama dengan pihak-pihak lain seperti agen perjalan dan perusahaan penerbangan. Dengan kerja ini Grand Candi Hotel dapat menarik calon pembeli yang membutuhkan pelayanan penginapan atau temap untuk berlibur.

b. Media Elektronik

Dalam menjalankan aktivitas periklanan, selain menggunakan media cetak, Grand Candi Hotel juga menggunakan media elektronik. Media elektronik tersebut diantaranya adalah radio, televisi, media internet, mesin faxsimile.

  1. Radio

Man melalui radio biasanya disiarkan pada saat-saat tertentu misalnya, pada saat menyambut hari ulang tahun Grand Candi Hotel Semarrang. Stasiun radio yang digunakan diantaranya ; RCT FM, Imelda FM, Gajah Mada FM, Prambos, dan lain-lain. Keunggulan menggunakan media radio diantaranya adalah ; biaya yang dikeluarkan relatife lebih murah dan dapat memndukung Man yang dimuat di media lain. Apabila kita menggunakan media radio juga memiliki kelemahan diantaranya Man yang disampaikan hanya berupa suara saja, dan biasanya Man di radio tersebut dimuat dengan suara yang cepat.

  1. Televisi

Promosi ini berbentuk liputan yang dilakukan oleh stasiun televisi tertentu mengenai produk dan fasilitas Patra Semarang Convention Hotel, misalnya RCTI, Indosiar, TPI, SCTV, TV7, dan lain-lain. Keuntungan yang diperoleh apabila menggunakan media televisi diantaranya adalah ; masyarakat dapat melihat gambar dan mendengarkan suaranya secara langung sehingga akan dapat menarik minat konsumen, memiliki kemampuan yang kuat untuk mempengaruhi masyarakat dan Man juga dapat menjangkau masyarakat secara luas. Kelemahan apabila menggunakan media televisi adalah membutuhkan biaya yang sangat mahal, dan biaya penayangannya terlalu cepat.

  1. Internet

Melalui media Man di internet yang disediakan oleh Grand Candi Hotel yaitu melalui email dengan alamt maka, masyarakat dapat mengetahui produk dan fasilitas yang ditawarkan serta dapat langsung memesan kamar sesuai dengan keinginan mereka.

  1. Faxsimile

Komunikasi juga dapat dilaksanakan melalui mesin faxsilmile yang tersedia dengan nomor ( 024 ) 841-5111, agar pesan yang disampaikan secara tertulis akan dapat diterima dan dikirim dengan cepat.

Adapun manfaat yang diperoleh Patra Semarang Convention Hotel dalam mengadakan periklanan antara lain

  1. Dapat mengenalan diri, atau memberitahu pada masyarakat tentang keberadaan, nama, lokasi, produk dan fasilitas yang dimiliki Patra Semarang Convention Hotel.

  2. Dapat memberikan informasi mengenai jumlah kamar yang tersedia, jenis dan macam kamar yang ada, serta tarif masing-masing kamar.

  3. Dapat memberitahukan pada pembeli untuk memanfaatkan fasilitas yang

tersedia, sepeti restoran, bar, kolam renang, dan fitness centre.

  1. Dapat menampilakan pesan melalui media cetak, gambar, suara, dan

warna yang dapat menarik perhatian konsumen.

4.6.2 Promosi Penjualan

Promosi penjualan yang dilakukan Patra Semarang Convention Hotel bertujuan mengerakkan tamu agar berperilaku mencoba dan kemudian membeli untuk meningkatkan volume penjualan.

Patra Semarang Convention Hotel menggunakan promosi penjualan dengan cara

  1. Pemotongan Harga (discount packages )

Pemotongan harga dilberikan kepada tamu pelangan yang sudah menjadi pelanggan dan memberikan kontribusi yang cukup besar bagi Patra Semarang Convention Hotel. Potongan harga ini diberikan pada saat-saat tertentu seperti tahun baru, akhir pecan, hari raya, dan lain-lain.

  1. Penawaran Khusus (special deal)

Patra Semarang Convention Hotel menyediakan paket-paket khusus untuk mengadakan acara-acara tertentu dan disertai dengan penawaran yang menarik antara lain : paket wisuda, paket rapat, paket ceria , paket konser, paket ulang tahun, paket pernikahan, dan lain sebagainya.

  1. Hadiah

Hadiah atau kenang-kenangan yang berlabelkan Patra Semarang Convention Hotel diberikan kepada tamu-tamu yang menginap dan kepada tamu-tamu kunjungan khusus. Hadiah-hadiah tersebbut dapat berupa topi, kaos, souvenir dan tempat kartu nama. Pemberian hadiah ini dimaksudkan membarikan kesan positif kepada para tamu dan agar para tamu yang berkunjung selalu teringat dengan Patra Semarang Convention Hotel.

  1. Pameran

Penyelanggaraan pameran seperti paket pernikahan yang dapat dilaksanakan di Patra Semarang Convention Hotel sendiri maupun di luar Grand Candi. Pameran ini diselenggarakan di dalam gedung Grand Candi Hotel, sedangkan untuk yang diluar hotel misalanya diadakan di pusat-pusat perbelanjaan seperti Mall Ciputra, Java Super Mall, Ramayana, dan lain-lain.

Manfaat yang diperoleh Patra Semarang Convention Hotel dalam melakukan promosi penjualan adalah

  1. Promosi penjualan dapat memebrikan manfaat pada banyak orang terutama kalau pihak hotel dapat menciptakan event yang menjadi kesenangan masyarakat sehingga hati mereka tergerak untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan pihak Patra Semarang Convention Hotel.

  2. Promosi penjualan dapat meningkatkan tingkat hunian hotel. Misalnya dengan pameran-pameran maka acara semacam ini dapat membangkitkan orang datang berkunjung ke Patra Semarang Convention Hotel.

4.6.3 Publisitas

Publisitas yang dijalankan oleh Patra Semarang Convention Hotel bertujuan untuk membentuk opini publik yagn positif dan membina hubungan balk atau harmonis dengan pihak pers dan masyarakat serta meningkatkan dan memertahankan jumlah pelanggan. Publisitas yang dilakukan Patra Semarang Convention Hotel antara lain

  1. Mengadakan acara yang bersifat sosial, seperti khitanan missal, pemberian bantuan kepada gempa dan tsunami, anak yatim piatu, anak-anak terlantar dan menyelanggarakan pasar murah, dan lain-lain.

  2. Dalam hubungannya dengan kegiatan yang bersifat budaya, Grand Candi Hotel mengadakan acara misalnya pegelaran sendra tari, yang bertujuan untuk menunjukan kepedulian Patra Semarang Convention Hotel terhadap kebudayaan Indonesia tersebut kepada masyarakat luas pada umunya dan Patra Semarang Convention Hotel pada khususnya.

Adapun manfaat Patra Semarang Convention Hotel mengadakan publisitas ;

    1. Membangun image yang baik tentang Patra Semarang Convention Hotel.

    2. Mendapatkan kepercayaan masyarakat melalui berita yang di muat dalam media massa.

4.6.4 Personal Selling

Patra Semarang Convention Hotel menggunakan personal selling dengan tujuan untuk mempengaruhi perilaku tamu atau calon tamu melalui apa yang ditawarkan. Disamping itu personal selling juga bertujuan untuk membina hubungan dengan pembeli dan mempresentasikan atau mendemontrasikan Patra Semarang Convention Hotel dan produk atau fasilitasnya, agar para pembeli tertarik untuk membeli atau menggunakan produk dan fasilitas tersebut. Personal selling yang dilakukan dapat melalaui berbagai cara diantaranya adalah sebagai berikut ;

  1. Sales Call

Penjualan dilakukan dengan mendatangi calon tamu atau tamu secara langsung. Pihak yang didatangi antara lain ; perusahaan swasta atau negeri, yayasan pendidikan dan sebagainya.

  1. Sales Bitz

Penjualan dilakukan pada saat pihak lain mengadakan suatu pertemuan atau rapat kemudian pada saat istirahat, pihak hotel menyelingi kegiatan rapat tersebut dengan mmeperkenalkan staf Patra Semarang Convention Hotel, fasilitas dan produk yang dihasilkan.

  1. Sales Trip

Melakukan perjalanan dengan cara mengunjungi calon pembeli atau pembeli baik yang berada di dalam maupun di luar negeri. Penjualan di dalam dan diluar negeri dilakukan dengan cara menghadiri ATF. ATF merupakan konferensi yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk mempertemukan penjual dan pembeli se-Asia Tenggara.

  1. Presentasi

Melakukan presentasi langsung dihadapan para konsumen untuk memberikan informasi mengenai hotel dan fasilitas yang disediakan misalnya presentasi yang diadakan di perusahaan-perusahaan seperti ; PT Telkom, Indosat, perusahaan asuransi, dan lain-lain. Disamping itu

presentasi juga dilakukan di perguruan tinggi atau universitas seperti; UNIKA Soegiopranoto, Unisbank , Udinus dan lain-lain.

Manfaat yang diperoleh Patra Semarang Convention Hotel dari hasil personal selling antara lain ;

  1. membina hubungan baik dengan perusahaan, lembaga, orang-orang yang biasa menggunakan produk dan fasilitas Grand Candi Hotel maupun yang belum menggunakan.

  2. mengadakan hubungan langsung dengan calon tamu atau tamu sehingga dapat mengetahui kebutuhan atau keinginan para tamu.

  3. mendapat tanggapan secara langsung dari tamu atau calon tamu mengenai Patra Semarang Convention Hotel.

7 Informasi yang Disampaikan dalam Promosi Penjualan Patra Semarang Convention Hotel.

Informasi yang disampaikan dalam promosi Patra Semarang Convention Hotel adalah sebagai berikut

a. Room Avaliable

Kamar merupakan produk utama sebuah hotel disamping produk-produk lainnya yang dapat berupa fasilitas-fasilitas seperti konvensi, umum, olahraga an rekreasi.

b. Room Rates

Room rates yaitu informasi mengenai tariff sewa kamar temasuk pelayanan makan pagi dan besarrnya pajak yang harus dibayar oleh pelanggan.

c. Restaurant and Bar

  1. Xiang Yuen Chinesse Restaurant

Merupakan chinesse restaurant terbaik di kota semarang, memiliki kapasitas 73 orang dengan dekorasi ruangan ala oriental. Restaurant yang terletak di Iantai satu ini mulai melayani tamu dari pukul 07.00-4.30 WIB dan 18.30-23.00 WIB.

  1. Teratai Lounge

Terletak persis berhadpan dengan lobby dan buka mulai jam 09.00-04.00 W1B. Menyediakan minuman berakhohol maupun non alkhohol dengan kapasitas ruangan 30 orang serta dikelilingi Evening Live Music setiap malamnya.

d. Meal Rates

Meal Rates beisi informasi harga makanan yang dapat dipesan di Patra Semarang Convention Hotel.

e. Familiy Plan

Merupakan penawaran tarif kamar bagi keluarga yang hanya dikenakan sewa untuk orang tuanya saja sedangkan anak yang berumur di bawah 12 tahun tidak dikenakan biaya.

f. Fasilitas Umum

  1. Bussines Centre

Fasilitas ini dilengkapi dengan peralatan kesekretariatan atau peralatan modern. Peralatan-peralatan tersebut diantaranya ; mesin faxsimile, fasilitas internet, mesin ketik elektronik, dan mesin fotocopy. Mesin-mesin tersebut dioperasikan oleh para operator yang terlatih.

  1. Drugstore

  2. Laundry and Dry cleaning.

  3. Taxi service.

g. Fasilitas olah raga dan rekreasi

    1. Swimming Pool

    2. Tennis Court

    3. Fitness Centre

  1. Grand Sport

  2. Lapangan Golf

h. General Informations

Merupakan tempat yang memberikan informasi umum mengenai Grand Candi Hotel seperti ; room rates, meal rates, convention facility, dan lairs-lain.

8 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Promosi Patra Semarang Convention Hotel.

Faktor-faktor yang mempengaruhi promosi pada Patra Semarang Convention Hotel adalah sebagai berikut

a. Dana yang tersedia

Apabila dana yang disediakan suatu perusahaan itu besar maka, kegiatan promosi yang dilaksanakan akan lebih berhasil daripada perusahaan yang dananya terbatas. Dalam hal penyediaan dana Grand Candi Hotel biasanya tellah mempersiapkan anggaran sebesar 5 % sampai 10 % dari total penjualan selama satu tahun.

b. Sifat Pasar

1) Luas pasar secara geografis

Personal selling digunakan oleh Grand Candi Hotel untuk melaksanakan kegiatan promosi di pasar lokal, untuk menjangkau pasar yang lebih luas bisanya Grand Candi Hotel menggunakan periklanan, publisitas dan promosi penjualan.

2) Jenis pembeli

Kegiatan promosi Patra Semarang Convention Hotel dipengaruhi oleh jenis pembeli yang hendak dicapai yaitu individu atau seseorang dan kelompok masyarakat, serta lembaga atau instansi.

3) Konsentrasi pasar

Jumlah keseluruhan pasar atau calon pembeli merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan promosi. Biasanya pada musim liburan hotel lebih banyak melakukan kegiatan periklanan untuk mendapatkan jumlah pembeli yang banyak.

c. Jenis Produk.

Jenis produk yang disediakan pada Grand Candi Hotel dibagi menjadi dua yaitu, tangible dan intangible. Untuk produk tangible maka hotel dapat menggunakan periklanan, personal selling, promosi penjualan, dan publisitas. Sedangkan intangible dapat dilakukan secara lansung seperti memberikan pelayanan dengan ramah, mejaga kebersihan, memberikan perhatian dengan ucapan selamat pagi, siang, malam dan lain-lain.

d. Tahap Daur hidup

Produk yang disediakan oleh Grand Candi Hotel baik berupa kamar untuk tempat mengiriap atau peristirahatan, dan fasilitas pendukung seperti fasilitas konvensi yang berupa gedung-gedung, fasilitas olah raga dan rekreasi ini mengalahi beberapa tahapan daur hidup produk.

9 Pihak- pihak yang Terlibat dalam Kegiataii Promsi Patra Semarang Convention Hotel.

Dalam melaksanakan kegiatan promosi, Grand Candi Hotel melibatkan seluruh pihak internal dan ekternal. Kegiatan promosi Grand Candi Hotel Semarang dilaksanakan melalui empat variabel promotional mix yaitu periklanan, personal selling, publisitas dan promosi penjualan. Kegiatan promosi khususnya dilakukan oleh para bagian marketing atau pemasar dan bagian public relations yang membantu pelaksanaan kegiatan promosi produk kamar, dan juga fasilitas­fasilitas yang lain yang disediakan untuk konsumen.

Sedangkan pihak ekternal yang terlibat dalam kegiatan promosi diantaranya sebagai berikut

a. Pemerintah

Pemerintah berperan penting dalam melaksanakan promosi Grand Candi Hotel. Diantaranya adalah dengan memberikan izin untuk mendirikan usaha, pemasangan spanduk, papan nama, penyediaan saran listrik dan lain­lain.

b. Perusahaan Swasta

Perusahaan swasta juga mempunyai peran penting dalam melakukan kegiatan promosi yaitu sebagai mitra kerja.

c. Individu dan kelompok masyarakat

Individu dan kelompok masyarkat merupakan pihak yang sangat berperan penting dalam promosi karena sebagian hasil penjualan berasal dari individu, yaitu melalui hubungan antara personal dengan cara tatap muka langung.

d. Lembaga pendidikan

Grand Candi Hotel memberikan kesempatan dan bekerja sama dengan lembaga pendidikan melalui magang, praktek kerja lapangan, training dan observasi. Dengan cara-cara tersebut secara tidak langsung telah melakukan promosi Patra Semarang Convention Hotel.

10 Strategi Public Relations Dalam Menunjang Kegiatan Promosi pada Patra Semarang Convention Hotel.

Public relations harus mempunyai sebuah strategi atau rencana-rencana yang telah tersusun dengan cermat untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Salah satu tujuan tersebut adalah untuk melakukan kegiatan pemasaran khususnya kegiatan promosi. Hal ini dilakukan untuk menunjang kegiatan promsi pada Patra Semarang Convention Hotel. Dalam melakukan strategi ini Grand Candi Hotel menggunakan strategi yaitu dengan menggunakan cara personal selling dengan tujuan untuk berkomunikasi secara langsung kepada konsumen agar perusahaan mengenali sasaran yang akan dibidik. Patra Semarang Convention Hotel menggunakan strategi ini karena operasioanalnya lebih fleksibel dibandingkan dengan yang lain, karena tenaga-tenaga penjualan tersebut dapat mengetahui secara langsung mengenai keinginan, motif dan perilaku konsumen, dan juga dapat sekaligus melihat reaksi konsumen, sehingga konsumen langsung dapat menyesuaikan secara langsung.

Strategi public relations yang digunakan dalam menunjang kegiatan promosi pada Grand Candi Hotel ini lebih ditekankan kepada personal selling, yang lebih menekankan pada membangun brand awarness yaitu kesanggupan seseorang calon pembeli untuk mengenali, mengingat suatu merk sebagai bagian dari kategori produk tertentu, maksudnya konsumen yakin bahwa produk yang sudah dikenal maka akan terasa aman dan terhindar dari resiko yang tinggi ( Durianto, 2001:55). Didalam melakukan strategi ini, Grand Candi Hotel juga menggunakan media Man dan media cetak.

11 Ulasan

a. Pada dasarnya antara landasan teori dengan kenyataan yang dilakukan oleh pihak Patra Semarang Convention Hotel mempunyai persamaan, yaitu mengenai tujuan public relations pada Patra Semarang Convention Hotel yaitu memperbaiki hubungan antara perusahaan dengan khalayaknya juga mengingatkan konsumen agar lebih efektif dan mengerti dalam memanfaatkan produk-produk perusahaan.

b. Bentuk-bentuk kegiatan promosi yang dilakukan pada Patra Semarang Convention Hotel mempunyai persamaan dengan teori , yang terdiri dari beberapa kegiatan yaitu personal selling, promosi penjualan, publisitas dan periklanan. Jadi Patra Semarang Convention Hotel menggunakan semua variable promotional mix tersebut.

c. Stretegi yang oleh public relations pada Grand Cani Hotel Semarang dalam menunjang kegiatan promosi, yaitu dengan menggunakan personal selling dengan tujuan berkomunikasi secara langsung kepada konsumen


PENUTUP

1 Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai Strategi Public Relations dalam Menunjang Kegiatan Promsi pada Patra Semarang Convention Hotel, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut

a. Public relations mempunyai peran penting dalam manajemen Patra Semarang Convention Hotel, diantara adalah sebagai komunikator, mediator, penyusun program acara, pembuat berita, dan pendukung kegiatan promosi. Pelaksanaan tugas public relation melalui berbagai tahapan yang meliputi, tahap penemuan data, perencanaan, tindakan dan komunikasi, serta evaluasi.

b. Strategi yang dipakai public relations dalam menunjang kegiatan promosi pada Patra Semarang Convention Hotel melalui media Man dan media cetak. Strategi ini digunakan karena banyak keuntungan yang didapat dan lebih menekankan pada strategi personal selling dan membangun brand awarness.

c. Strategi public relations dalam menunjang kegiatan promosi pada Grand Candi Hotel diantaranya meliputi; membina hubungan dengan pers, melakukan pendekaan dengan masyarakat, memberikan saran kepada pihak manajemen, mendukung kegiatan promosi melalui periklanan, publisitas, promosi penjualan dan personal selling, membangun kesadaran pelanggan, serta membangun kredibilitas dan image perusahaan.

d. Tujuan promosi pada Patra Semarang Convention Hotel secara umum adalah untuk memperoleh laba dan meningakatkan volume penjualan. Sedangkan tujuan promosi secara khusus adalah untuk memodifikasi tingakah laku konsumen, misalnya melalui personal selling, memberitahu misalnya iklan­iklan yang dimuat di berbagai surat kabar dan juga membangun brand awarness agar konsumen lebih ingat dan cenderung membeli produk yang sudah dikenalnya.

2 Saran

Adapun saran yang dapat disampaikan adalah sebagai berikut

  1. Dalam menggunakan strategi dalam melakukan promosi lebih baik menggunakan banyak cara karena akan menambah banyak strategi dan akan mendapatkan banyak keuntungan bagi hotel.

  2. Mengingat department Public Relations dalam suatu perusahaan apalagi hotel sangat penting maka sebaiknya Patra Semarang Convention Hotel semarang menambahkan karyawan atau asisten pada Public Relations Department agar tugas-tugas pemasaran dapat lebih dikerjakan secara maksimal.

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Lincolin. Soeratno. 1993. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: UPP AMP AMP YKPN

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Durianto, Sugiarto, Tony Sitinjak. 2001. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Handoko, T.Hani.2001, Manajemen. Yogyakarta : BPFE

Jefkins, Frank. 1995. Public Relations Edisi Keempat. Jakarta: Erlangga

Kasali, Rhenald.1994. Manajemen Publik Relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Kolter, Philip. 1990. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta:Intermedia Marzuki.2000. Metodologi Riset. Yogyakarta: Badan Penerbit FE UII

Ruslan, Rosadi. 1998. Manajemen Humas dan Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta:PT Roda Grafindo Persada

Ruslan,Rosadi. 2005. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s