Hacking


Hacking
Apabila berbicara tentang jaringan komputer yang bernama internet, menurut kongres PBB ke-10 di Wina, Austria, ada tiga hal yang paling penting pada sistem komputer dan keamanan data, yaitu : assurance confidentiality, integrity or availability of data dan processing function.
Dalam kaitannya dengan keamanan dan integritas jaringan internet yang berbasis komputer, maka tingkat keamanan yang rendah akan mengakibatkan sistem informasi yang ada tidak mampu menghasilkan kinerja yang tinggi. Dengan kata lain, keamanan dan integritas penting dalam upaya menjaga konsistensi kinerja dari sistem atau jaringan internet yang bersangkutan.
Kejahatan dunia maya merupakan tindakan kriminal dengan menggunakan komputer dan internet untuk mencuri data atau merusak sistem komputer tertentu. Pelaku kejahatan dalam dunia maya diistilahkan dengan peretas (hacker). Eric Raymond menyebutkan lima ciri-ciri dari peretas, yaitu :
1. Gemar mempelajari detil sistem komputer atau bahasa pemrograman.
2. Gemar melakukan praktik pemrograman (tidak hanya sebatas teori).
3. Mampu menghargai hasil peretasan (hacking) orang lain.
4. Dapat mempelajari pemrograman dengan cepat.
5. Mahir dalam sistem operasi atau bahasa pemrograman tertentu.
Selain peretas sejati (motifnya hanya untuk belajar), ada juga tipe peretas yang menyalahgunakan kemampuan mereka untuk melakukan kejahatan melalui komputer dengan melakukan pencurian nomor kartu kredit sampai ke perusakan jaringan tertentu dalam komputer. Mereka cenderung berada dalam keadaan konflik dengan pihak kepolisian, administrator jaringan maupun dengan peretas topi putih.
Fenomena semakin merebaknya keberadaan cracker yakni mereka yang berniat jahat berupa keinginan untuk merusak atau ingin memiliki sesuatu telah meresahkan banyak pihak. Untuk itu, penting kiranya ada sebuah langkah konkrit pada tingkatan yang lebih luas untuk melakukan kerjasama dalam upaya menanggulangi tindak kejahatan di dunia maya tersebut. Walaupun tidaklah mudah untuk mewujudkannya, akan tetapi bila di lihat dari tingkat kerugian yang diderita, kerjasama internasional tentang penanggulangan kejahatan dunia maya tetap penting untuk di kedepankan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s