Jurnal PNPM Mandiri 30 April 2009 Desa Langen Rejo Kecamatan Butuh Purworejo


Jurnal PNPM Mandiri 30 April 2009 Desa Langen Rejo Kecamatan Butuh
Purworejo

Desa Langen Rejo, Kecamatan Butuh Kab. Purworejo, 30 April 2009 dengan fasilitatot Triwibowo, PL Dumadi, dan UPK Ririn menelakukan pendampingan MKP (Musyawarah Khusus Perempuan dan MDP (Musyawarah Desa Perencanaan). Dimana dalam MKP menghasilkan usulan-usulan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan, Pos yandu dan pelatihan Ketrampilam. Perbedaan pendapat untuk memutuskan pilihan antara Pelatihan ketrampilan vs Pos Yandu cukup a lot, Masyarakat Kelompok Perempuan memutuskan Pelatihan ketrampilan dan untuk dilakukan sosialisasi pada perempuan lain yang belum terwakili karena ada 4 dusun di desa Langen Rejo cukup besar.
1.kendala pelatihan perempuan dibicarakan dari Kelompok Perempuan karena mereka butuh peningkatan ilmu pengetahuan dan ketrampilan.
2.Mengapa mereka kurang memilih posyandu karena sidah biasa dilakukan.

Maka keputusannya adalah melalui voting terbuka dimana posyandu 10 dan ketrampilan 12 abstain, 2, satunya ada keperluan mendadak.
Perdebatan wakil MDP cukup alot karena banyak ibu-ibu yang tidak mau dan dapat menjadi wakil karena tugas kerja mereka.
Rapat MDP Langen Rejo dilakukan setelah MKP, usulan sudah dibuat dari 4 dusun dan 5 RT. Dibuat beberapa usulan. Dukuh nambangan krajan mengususlkan pengerasan jalan 800 meter berupa jalan dususn. Sosialisasi belum optimal dilakukan oleh KPMD dan musyawarah dusun belum terpenuhi semua karena banyak dan begitu luasnya dusun. Rapat susulan Dususn Nambangan usul pengerasan jalan Rt 3, Rw 1 atau jalan dusun . Renobvasi pos Ronda Nambangan. Pengerasab usulan 3 lokasi rw 1 800m. Balai desa sampai Nambangan Langen Rejo Lor.
Rencana pembuatan kiri kanan, tengahnya sirtu yang harus dipenuhi.
1.Milik desa bukan yayasan atau perorangan
2.Merupakan program prioritas dan yang bisa diterima dalam kriteria PNPM.
3.Sesuai kebutuhan dan kemampuan desa.

Usulan desa jalan 3800 meter, lebar 3 meter, kastin 0,5 meter. Dapat Sirtu : 2 m kubik biaya sampai Rp. 150.000.000.00. Jalan ini adalah milik Ketuk, Wareng dan Langen Rejo dan apabila tak berhasil kan bisa dari APBD, DAUD dan lain-lain. Pembangunan itu harus sesuai dengan kemampuan desa, sumber daya manusia desa. Oleh karena itu ada ide lain berupa usulan pembangunan senderan air.
Namun semua usulan diterima kemudian diprioritaskan yang penting dan mendesak karena usulan RPJM Des mendatang.

2 thoughts on “Jurnal PNPM Mandiri 30 April 2009 Desa Langen Rejo Kecamatan Butuh Purworejo

  1. salam kenal mas,makasih semoga jalan desa langenrejo segera di hotmix aja,masa hari gini ada jalan yang masih alami alias gronjal gronjal,aku warga sundangsumur yang kini nunut makan di semarang

    1. iya itu kan menghubunglan tiga desa, ketuk , langen rejo melewati wareng… semoga jadi prioritas ya… doakan…buat saluran kedung mulyo juga ya.. biar bisa panen 3 kali 1 tahun…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s