Jurnal PNPM di Desa Rowo Dadi, Kec. Butuh Purworejo


Jurnal PNPM di Desa Rowo Dadi, Kec. Butuh Purworejo

Kamis, 30 April 2009 Musyawarah Khusus Perempuan yang dihadiri oleh wakil 25 perempuan, dimana untuk program PNPM Prioritas adalah Simpan Pinjam Kelompok Perempuan, dimana kegiatan ini harus menjadikan tanggung jawab bagi yang menerima pinjaman untuk menggembalikan dana pada kelompok wanita , sehingga dapat dipertanggungjawabkan pada pemerintah dan kepercayaan bagi program di kemudian hari atau tahun berikutnya, dan memperoleh bantuan PNPM lagi.
Kata carik Desa rowo dadi “ sebaiknya dana pinjaman harus dikembalikan warga baikdengan cara mencicil atau lainnya dan perlu pula verivikasi yang tegas untukyang mendapat pinjaman”.
Warga siap membantu program PNPM yang mendapat bantuan Bank Dunia, sehingga yang semua yang telah disebakati bersama harus ditaati dan dilaksanakan bersama dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya.
Maka dalam program ini perlu ada ketegasan untuk menegur penyimpangan tanpa kompromi. Program ini diharapkan bukan hanya siap di awal namun di belakangnya ada masalah, sehingga program ini dapat sukses di desa Rowo dadi, khusunya dab begitupula di Kecamatan Butuh Purworejo dan umumnya secara nasional akan berhasil.
Fasilitator kecamatan menjelaskan maka sebenarnya musyawarah pertama untuk perempuan (MKP) namun acara tetap dilangsungkan karena kehadiran bapak-bapak yang lebih awal dan antusias, namun disarankan agar kaumlaki-laki jangan intervensi dalam musyawarah ini.
Kaum wanita seharusnya giat untuk melakukan perkumpulan guna menyelesaikan masalah-masalah perempuan dan rumah tangga mereka. Perkumpulan wanita berupa kelompok tani wanita, PKK, dasa wisma dan lain-lain.
Program PNPM tahun ini adalah memprioritaskan pemberdayaan perempuan. Program yang diusulkan dalam MKP adalah Pengerasan jalan, pembangunan APE TK, SPP, TPQ, MCK umum dan posyandu. Keputusannya adalah Simpan Pinjam Kelompok Perempuan dan Rehabilitasi Gedung TK.
Musyawarah Desa Perencanaan membahas :
1. Bendung kali, dialihkan pada klep pengairan untuk irigasi karena Rowo Dadi adalah lokasi banjir.
2. Usulan lain adalah Pengerasan jalan 800 M
Musyawarah memutuskan untuk pengerasan jalan yang menghubungkan Balai Desa dengan sumber sari

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s