Jurnal PNPM Mandiri Desa Kaliwatu Kranggan , dan Binangun Senin 4 Mei 2009 Kecamatan Butuh Purworejo.


Jurnal PNPM Mandiri Desa Kaliwatu Kranggan , dan Binangun Senin 4 Mei 2009

Desa Kaliwatu, Musyawarah Desa Perencanaan menghasilkan berbagai usulan, Yaitu pengerasan jalan, sender irigasi, jalan lurung, Sound system, penerangan jalan dan untuk perempuan adalah Simpan Pinjam Kelompok Perem[uan, Alat Permainan Edukai Taman kanak-kanak (APE TK), Posyandu dan Pos Kamling.
Usulan MKP kaliwatu Kranggan menurut warga harus mampu untuk membangun visi ke depan Kaliwatu Dan untuk mengusulkan dana yang rasional karena kan pihak lurah satu kecamatan sudah memiliki kesepakatan informal untuk mengusulkan kewajaran sama dan merata sehingga semua dapat menikmati bantuan. Namun hal ini bias-bisa saja namun PNPM akan tetap menjalankan prosedur yang telah ditetapkan PNPM sendiri secara nasional. Setiap Usulan akan dimasukkan dalam RPJM Des untuk dimasukan dalam acuan pembangunan pemerintah daerah atau pusat.
Usulan yang dipilih adalah :
1. Senderan dan pengairan.
2. SPP (Simpan Pinjam Kelompok Peresmpuan)
3. APE TK

Musyawarah Desa Perencanaan Desa Binangun adalah merupah Jadwal ke dua di Tangan 4 MEi yaitu dimulai pukul 09.00 WIB, sedangkan usulannya masih berkaitan dengan pengusulan hal-hal yang bersifat fisik dan beberapa ekonomi seperti, mesing giling tepung. Namun untuk mendapat bantuan PNPM adalah memiliki berbagai criteria;
1. Bermanfaat bagi Rumah Tangga Miskin.
2. Banyak memberi manfaat pada masyarakat.
3. Memiliki sumber daya yang ada.
4. Peningkatan kualitas hidup.
5. Besrifat berkesinambungan dan berkelanjutan.
Usulannya adalah Senderan Air Irigasi, SPP dan Posyandu.
Warga ada yang Tanya apakah dana di bagi rata per kecamatan, yah dana dapat dimanfaatkan oleh semua desa di kecamatan butuh, namun masalah jumlahnya tergantung usulan sesuai criteria di atas.
Apakah ada sangsinya, dalam program ini , tentu saja ada sangsinya baik, sangsi hokum, moral maupun administrative.
Warga dan kepala desa merasa bahwa pengairan itu penting di persawahaan binangun sedangkan usulan gak bias besart karena berbagai usulan kecamatan lain, namun diingatkan bahwa prosesdur PNPM hanya setandar prosedur baku, sedangkan bila ada kesepakatan lain itu terserah namun nanti kan tetap wrga membuat usulan dan kemudian melakukan Musyawarah antar Desa yang menetapkan siapa yang akan memperoleh bantuan sesuai criteria di atas dan berdasaekan perengkingan.

2 thoughts on “Jurnal PNPM Mandiri Desa Kaliwatu Kranggan , dan Binangun Senin 4 Mei 2009 Kecamatan Butuh Purworejo.

    1. mbak dien, semua program yang dibuat berdasarkan usulan desa, jadi ada prasaratnya,
      1. bermanfaat langsung bagi masyarakat.
      2. Meningkatkan kesejahteraan rakyat miskin.
      3. bisa dilakukan oleh masyarakat desa.
      4. berkelanjutan.
      Yang saya tahu pembuatan irigasi memenuhi hal di atas. Apabila mbak tintin petani atau buruh tani pasti tahu bahwa irigasi di kw kranggan itu untuk pembuangan agar, aoir bisa dibuang bila meluap, jadi kalo mbak tintien punya sawah tidak harus tanaam padi yang tinggi dan umurnya panjang, jadi hemat waktu dan biaya karena pembuatannya baik, tapi pendapat mbak tintien apkah memenuhi volume dan besar swadaya masyarakat , ndak,.. harusnya itu harus dikembangkan 150 m he…
      Kalo jenbatan mungkin untuk poin 3, dan dana maks simal yg bisa cair itu 350 juta per desa la jembatan itu butuh 3,5 milyar… makanya ikut musyawarah desa dong biar tambah pengetahuan, tapi saya senang kok atas partisipasinya, dan kami transparan kok….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s