Pelatihan Tim Penulis Usulan (TPU) PNPM MD, 15 Mei 2009 Kecamatan Butuh.


Pelatihan Tim Penulis Usulan (TPU) PNPM MD, 15 Mei 2009 Kecamatan Butuh.

Dalam pelatihan di Genung KPN Nasib ini Ngandong, sepanjang warung Sepi ke Kantor Kecamatan Butuh, dalam sambutannya Camat Butuh menjelaskan bahwa Program PNPM akan berlangsung terus bahkan sampai 2005, sehingga untuk menjalankan peran dan fungsi PNPM jangan terpengaruh oleh adanya Pilpres, ataupun hasil Pilpres nanti. Program PNPM MD tetap terkait dengan program Gubernur jawa Tengah yaitu Bali deso mbangun deso, dimana potensi sumber daya manusia yang ada di kecamatan butuh harus dioptimalkan partisipasinya.
Pelatihan TPU bukan hanya kemampuan menulis usulan saja, tetapi lebih dari itu, yaitu memahami tahapan pelaksanaan PNPM MD di kecamatan Butuh. Tugas ini harus dievaluasi dengan baik dan tim yang ada harus dievaluasi agar menghasilkan hasil yang lebih baik. Pelatihan ini akan mencermati bagaimana penilaian usulan, materi usulan, dan prioritas usulan ada penilainnya. Diharapkan TPU mampu menguasai komputer. Namun PNPM tidak menuntut harus menggunakan komputer dalam penulisan usulan, dapat ditulis tangan asal rapi dan baik serta mudah dibaca
Tahun ini adalah tahun terkhir dari komputerisasi di kecamatan butuh, sehingga diharapkan semua aparat kecamatan sampai desa mampu mengoperasikan komputer. Pada tahun 2009 ini PNPM kecamatan butuh belum bisa dibiayai oleh dana kecamatan.
Pelatihan ini diisi oleh fasilitator dengan materi pelatihan membuat usulan untuk program Simpan Pinjam kelompok perempuan(SPP) , Kesehatan, pendidikan dan ketrampilan, serta pengadaan sarana-sarana produksi baik jalan, iigasi, drainase, gedung TK dan lain-lain.
Usulan diajukan oleh 41 desa di kecamatan Butuh masing masing desa 3 usulan dimana dihasilkan rekapitulasi 41 usulan SPP, 29 usulan Pos yandu, 19 usulan rabat beton, 3 usulan gedung PAUD/TK, 13 usulan irigasi, 4 usulan APE, 3 usulan pelatihan ketrampilan, 5 usulan perkerasan jalan, 2 usulan talud, 1 usulan pasar, 1 usulan gedung polindes, dan 1 usulan mebel PKK.
Dari usulan tersebut dirangking dari total kelompok yang memperoleh verivikasi dari pihak PNPM dengan dana alokasi 5 ratus juta rupiah, dan sisanya 1,5 Milyar diberikan dengan rangking dari 41 desa, dengan sekala prioritas dengan kriteria :
1.Bermanfaat bagi Rumah Tangga Miskin.
2.Berdampak langsung bagi kesejahteraan masyarakat.
3.Mampu dilakukan oleh desa
4.dan sumber daya yang ada.
5.Berkelanjutan atau berkesinambungan
Diharapkan semua desa dapat menikmati bantuan ini, dengan usulan yang baik dan prosedur yang sudah dilaksanakan. Silahkan berkompetisi namun juga melihat pada klemungkinan pemerataan dengan sehat.

One thought on “Pelatihan Tim Penulis Usulan (TPU) PNPM MD, 15 Mei 2009 Kecamatan Butuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s