Mencari Figur Pemimpin Purworejo yang Menciptakan Pembangunan

Berbasis Pertanian

Menjelang Pilkada Purworejo 2010 , 31 Juli 2010 belumlah muncul konsep para calon yang mencuat, karena mungkin belum ada jadwal kampanye yag dilakukan menjelang Pilkada.  Ini dikarenakan bahwa pemahaman masayarakat masih pada pemikiran bahwa bupati adalah orang kaya, dermawan, bagi-bagi duwit, karena kalo dah jadi lupa. Aku tidak mengerti pemikiran masyarakat begitu ortodok seperti itu, apa yang disebut lupa, dan mau milih kalau diberi uang.

Mungkin visi ini berubah apabila pola dari calon pemimpin daerah merubah pola piker masyarakat dan berani melakukan etikat bai dengan menghilangkan langkah yang cukup pargmatis yaitu hanya untuk sekedar memenangkan Pilkada sehingga terpilih, gengsi dan menegruk keuntungan setelah mendapat kemenangan.

Sebenarnya mula membuat revolusi pemikiran baru bahwa mencari pemimpin yang dapat memebrikan kemkmuran karena pemikirannya secara konsep dan operasionalnya dapat memakmurkan kehidupan rakyat. Hal ini adalah merupakan pola baru yang menjadikan para calon pemimpin Daerah mampu untuk memenangkan pilkada secara sehat, dan memenangkan dengan tujuan memkmurkan seluruh masayarakat kabupaten dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Purworejo yang secara cultural sejarah dan budaya dalh masyarkt tradisional yang menumpukan diri paad sector pertanian membutuhkan pemimpin yang memiliki misi dan visi pengembangan sector pertania, dimana meskipun sebagai lumbung beras kepedulian masayarakat, pemerintah dan swasta di Purworejo masih kurang di sector pertanian.

Pembangunan sector pertanian cukuplah dibutuhkan terutama meningkatkan pertania tradisional menjadi pertanian modern yang berwawasan lingkungan. Potensi pertanian yang cukup besar perlu didukung infrastruktur yang cukup baik dari pemerintah, swasta atau swadaya masyarakat itu sendiri, maka perlu pemerintah yang mampu merangkul segala lapisan masyarakat swasta baik pusat maupun daerah, pemerintah pusat, daerah dan propinsi, sehingga peningkatan sector pertanian menjadi andalan dan sumber peningkatan Pendapatan Asli Daerah.

Pertanian yang dulu pernah dilupakan kini harus menjdikn sebuah komoditi andaln dimana potensi Purworejo cukup luar biasa di sector pertanian,. Serktor pertanian lain seperti Kehutanan, Peternakan, Perikanan juga luar bias, dimana potensi daerah cukup besar dengan kualitas sumber daya manusia yang makin meningkat.

Pembuatan infrastruktur yang bias meningkatkan sector pertanian seperti irigasi merupakan hal penting dan dibutuhkan pengawasan dan perencanan yang baik agar kualitasnya terjaga, sehingga dapat menjadi investasi jangka panjang. Pemangunan transportasi pendukung seperti jalan, jembatan, dan angkutan yang mampu melakukan mobilisasi pertanian dan hasil-hasilnya perlu terus ditngkatkan, guna meningkatkan kemakmuran rakyat. Jasa pelayanan erupa kredit usaha pertanian perlu ditingkatkan kembali terutama kredit dana bergulir yang langsung tepat sasaran dengan metode tanggung renteng.

Pelayanan segala bentuk pelayanan masyarakat baik peningkatan pendidikan, kesehatan soial dan budaya yang mendukung sumber daya manusia terutama di sector pertanian cukup dibutuhkan sehingga kualitas produksi pertanian atas dukungan tenaga yang kuat dan sehat dapat meningktkan kualitas sumber daya manusia.

Lebih-lebih iklim pemerintahan Purworejo yang saat ini cukup menjadi sorotankarena putusan pengadilan akan pemerintahan dan pejabat pemerintahan akan sekali membaut kepercayaan pada pemerintah akan pemerintahan yang bersih sangat kurang. Maka perlu pemerintahan yang memiliki sejarah kepemimpinan yang bersih dan menjaga prinsip keadilan dan kemakmuran.

Maka system pengwasan yang ketat terhadap pelayanan pemerintah aik dari instansi terkait atau masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga butuh bUpati Purworejo yang bias ngayomi, memilik dedikasi, kejujuran dan moral yang membangun, sehingga awal kampanye dan pemilihan harus bersih baik dari Calon, Pemrintah sebagi fasilitator, KPU, PPK dan PPS, serta segala macam elemen demokrasi harus melakukan pemerintahan yang ersih tanpa Money Politik dalam Pilkada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s