Analisis IS – LM untuk Simpan Pinjam Kelompok Perempuan PNPM MD


Analisis IS – LM untuk Simpan Pinjam Kelompok Perempuan PNPM MD

Kalau kita analisis kebijakan simpan pinjam dalam analisis IS-LM, maka perguliran merupakan bentuk dari LM yaitu money supply, dimana akan membentuk garis horizontal karena bunga (i) adalah dianggap konstan 18% per tahun. Sedangkan Kurva IS menunjukan pergeseran ke kanan dengan slope negative dimana menunjukkan kenaikan money supply dengan bunga tetap dalam jangka pendek, dan bunga menurun dalam jangka panjang akan menunjukkan pergeseran Kurva IS menambah pengertian bahwa pendapatan makin bertambah karena peningkata konsumsi, investasi, pajak, dan pengeluaran pemerintah.
Kurva LM adalah berbentuk horizontal, dimana biasanya kurva LM adalah memiliki slop positif, dan pada kondisi liquidity trap akan menunjukan bentuk kurva vertical. Karena bentuk vertical menunjukkan bukti bahwa perguliran uang di masyarakat akan meningkatkan pendapatan berupa konsumsi dan investasi. Kenaikannya tergantung pada multiplier effek dari Konsumsi atau investasi, diharapkan investasi yang lebih memiliki multiplier efek daripada konsumsi.
Kurva IS-LM pada dana bergulir SPP PNPM menunjukan tingkay bunga yang rigid, sedangkan akan mempengaruhi elstisitas pendapatan berupa konsumsi dan investasi sangat elastuis, para Akuntan dan pakar Bisnis akan menggunakan logika ekonomi mikro padahal kebijakan pemerintah selalu menggunakan analisis makro dengan sasaran akhir adalah :
1. Pertumbuhan ekonomi.
2. Pemerataan pendapatan dan kestabilan harga pada umumnya.
3. Lapangan kerja penuh
Tidak diikutsertakannya pakar ekonomi makro akan mengakibatkan target ini tidak dapat diterjemahkan dengan baik dan tepat, karena logika makro akan mengesampingkan asumsi-asumsi manajemen. Asumsi makro adalah menunjukkan bahwa manusia akan meningkatkan investasinya bila pendapatan dan konsumsi tercukupi, karena kekurangan sumber konsumsi maka perlu bantuan langsung dalam jangka pendek dan kredit dalam jangka panjang.
Kredit akan mendorong investasi dan konsumsi, sedangkan investasi akan mempengaruhi tingkat konsumsi seperti halnya sebaliknya. Para pakar ekonomi makro sellau melihat dan menganalisis selalu terkait antar sector dengan mengurangi penggunaan asumsi dan mencoba untuk mempertajam analisis dan fakta yang diharapkan.
Tingkat suku bunga yang menarik akan mendorong kredit investasi meningkat dan akan mendorong penghindaran pencarian pendapatan dari bank melalui SBI, sehingga alternative pengucuran dana berupa kredit akan maningkat, akan meningkatkan loan to deposit rasio, dan menurunkan kredit crunch. Karena sepertihalnya kredit runs kredit crunch akan mengakibatkan keburukan ekonomi, dan merupakan penyakit makro ekonomi.
Apakah Kredit akan menjadikan Back wash effect? Semua tergantung dari peran kredit dan sasara yang dituju, karena bias menjadikan hal tersebut atau sebaliknya. Namun jelas bahwa permintaan kredit mikro cukup besar, sehingga perguliran yang tepat akan meningkatkan percepatan-percepatan pertumbuhan ekonomi rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s