PUAB antara Ketahanan Pangan, dan pemberdayaan Buruh tani,l Tani dan petani


PUAB antara Ketahanan Pangan, dan pemberdayaan Buruh tani,l Tani dan petani

Program Pengembangan Usaha Agrobisnis (PUAB) merupakan program pemerintah yang bertujuan menggerakkan gairah bisnis pertanian. Dimana Kelompok Tanis ebagia basis gerakan PUAB. Namun harus disadari banyak program Pertanian slema orde Brau yang tidak berhasil menimbang bahwa pengggunaan pendekatan Mi8kro Ekonomi lebih dominan daripada makro ekonomi. Penggunaan pendekatan makro ekonomi penting dalam pengembangan agro bisinis meskipun ekonomi pertanian merupakan cabang ekonomi mikro.

Mengingat bahwa karakteristik pertanian di Indonesia cukup berbeda dengan pola pertanian negara maju dimana pertanian di Indonesia adalah :
1.padat karya.
2.Kolektif.
3.Luas lahan yang terbatas.
4.Sumber Daya Manusia yang rendah dan tradisonal.
5.Bersifat subsisten dan turun temurun.
6.Semakin ditinggalkan kaum muda dan perempuan.
Program pengembangan usaha agro bisnis di Indonesia mengalami kegagalan dimana pelaksanaan program tidak berbasis kebutuhan dan keinginan petani dan informasi yang tidak menyeluruh dan transparan tersosialisasi. Sedangkan program ini masih bersifat fleksibel sehingga dapat diinterpretasikan dengan mudah dan luwes pengembangannya meskipun dengan kelonggaran ini akibat oleh keluesan p[rogram dapat melahirkan dan rawan penyimpangan.
Penguatan tersebut adalah melertkkan petani dan buruh tani sebagai subyek bukan obyek dari pengembangan usaha agrobisnis yang bersifat memberdayakan. Program itu sebaiknya berorientasi pada :
1.Penyiapan modal ekonomi produktif pertanian berupa kredit lunak.
2.Penyediaan sarana produksi.
3.Peningkatan Infrastruktur kolektif petani dalam bidang pertanian
4.Peningakatan fasilitas teknik seperti mekanisasi dan peningkatan kapsitas petani.
5.Peningkatan Kualitas hidup petani berusaha peningkatan gizi, kesehatan dan pelatihan.
Petanis ebagai subyek dalam hal ini perlu mendapat perhatian, sehingg kreasi petani dapat diorong dengan baik dlam meningkatkan kemampuan bertani dan kesejahteraannya masing-masing. Dimana peran kelompok tani cukup besar di dalam pembangunan pertanian maka penguatan kualitas organisasi dan kesempatan berserikat dan berkumpul petani perlu dikembangkan.
Srlama ini bahwa peningkatan pengembangan agrobisnis tidak tersosialisasikan dan terjadi pemerataan pembagian aksesakses program sehingga tidak berlangsung dengan lancar, didorong oleh adanya kontrol petani dan masyarakat yang lemah karena kepentingan politik dan kekuasaan.

Peningkatan pendapatan petani dengan akses modal juga akan meningkatkan ketahanan pangan sehingga petani yang subsisten akan menjadi petani rpoduktif, dan mampu melakukan pemuliaan hasil pertanian secara kolektif dans emakin meningkat hasiol peertanian menuju ketahanan pangan dan swasembada beras dan hasil pertanian lainnya.
Mengingat bahwa peningkatan kebutuha n hasil pertanian berkembang dengan peningkatan jumlah penduduk maka perlu peningkatan intensifikasi pertanian dengan melalkukan berbagai kesadraan tentang efektifitas pengunaan lahan pertanian dan adanya dorongan yang lebih riil oleh pemerintah guna meningkatakan kesejahteraan peytani adn buruh tani.

Pertanian yang didorong oleh meknisasi dan peningaktan teknologi pendudkung dan pengolahan hasil pertanian perlu ditingaktkan guna meningkatkan program tepat guna, tepat sasaran, murah, dan efektif serta efisisen, dimanan kemampuan petani terhadap pemilikan alat-alat yang mutakhir cukup rendah. Peran berbagai pihak baik petani, penyuluh pertanian, pemerintah dan akademisi sangat dibutuhkan kerja samanya yang dengan serius bersama-sama mendorong hasil pertanian guna meningkatkan ketingalan negara kita dari penghasil pertanian menjadi pengimpor hasil pertanian yang cukup besar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s