OOm Pasikom ide Kritik dalam kartun Diambil dari ide GM Shidharta dalam Bukunya Peristiwa dalam Kartun 1967-2007


Bagian Pertama
Saya sebagai penulis Independen akhirnya harus tertegun dengan karya GM Sidharta, dalam konsitensi perjuangan dan dapat merumuskan Pilihan Hidupnya. Meskipun pada awal kerjanya pakah dia seorang yang hidup dalam kemewahan atau tidak sampai sekarang. Namun keyakinan saya adalah penandaan Sejarah nasional dan Internasional mebangkitkan penulis untuk tidak putus asa melalui tulisan-tulisan dalam Blog ini. Dimana ide pers Independen melalui web sit di bawah wordpree. Com.
Inilah semangat yang membuat penulis tetap mempertahankan konsistensi menulis meski kesulitan hidup dan persoalan hidup akan menghadang siapapaun.
Memilih Sebagai kartunis
Perjalanan Menuju Dunia di Balik Cakrawala bersama GM Sudarta
Rabu Kliwon malam takbiran tahun 1945 adalah kelahiran GM Sudarta , tepatnya 20 September 1945. Anak yang lahir pada hari ini konon dikabarkan jadi Pandita.
Tempat tinggalnya tidak jauh dari rel kereta apai, senanag bermain di relkkereta apai. Makamunculah ada di balik cakrawala itu ada dunia lain.
Di Ingatannya masih tergiang bahwa Agresi militer ke II sangat membuat kehidupan memprihatinkan bagi rakyat. Terpaksa keluarganya mngungsi ke Bayat, di daerah Klaten selatan.
Diiringi dentuman tembakan mereka mengungsi lewat pinggiran desa. Di pengungsian dia sering melihat lewat lubang pintu para pejuang, para gerilyawan melintasi depan rumah. Pengalaman itulah yang mempengaruhi perkembangan imajinasinya, dan dituangkan dalan gambar.
Setelah perang usai, mereka sekeluarga kembali ke rumah di Klaten, meski kondisi social ekonomi belumlah pulih. Maka makanpun kesulitan, dan untuk mengalihkan pelampiasan perut Kosong GM Sudarta suka mencoret-coret tembok rumah dengan arang. Menggambar Kereta api penuh penumpang dan melukis perang. Tempat lain ygdisukainya untuk mengambar adalah Jalan Aspal dengan menggunakan kapur tlis.
Oleh karena itu ayahnya membuatkannya papan tulis dari daun Jendela yang sudah bekas dan sering diajak nonton bioskop dari pintu belakang.
Itulah Catatan sejarah pribadi GM sudarta yang dapat membuat inspirasi saya dan pembaca akan pentingnya semangat berkarya yang tak pernah lelah.
Penulis: Dumadi Tri Restiyanto

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s