TITILARAS NEMBANG MACAPAT


Widodo Brojosejati
Tembang merupakan karya sastra dengan aturan tertentu yang pembacaanya dilakukan dengan lagu atau aturan tertentu berlaras atau bernuansa laras slendro dan pelog. Teks pada tembang macapat berbentuk puisi, menggunakan bahasa Jawa Baru yang diikat dengan persajakan meliputi Guru Lagu, Guru gatra dan Guru Wilangan. Guru Gatra adalah jumlah larik pada setiap pada. Guru lagu adalah huruf vocal di akhir tiap Gatra. Sedangkan guru wilangan adalah jumlah wanda atau suku kata pada setiap gatra. Macapat merupakan Puisi yang terikat oleh persajakan dan membentuk nada yang mengandung lagi. Pola persajakan ada beberapa macam yang masing-masingmempunyai guru gatra , guru lagu, dan guru wilangan, dan lagu sendiri.
Persebaran tembang macapat meliputi eilayah yang disebut Jawa Timur, Jawa tengah, Jawa Barat, Madura, Lombok dan bali (Saputra, 2001) Di Jawa Tengah setidaknya terdapattiga daerah dengan cengkok atau gaya lagu macapat yang berbeda, Yakni Surakarta, Banyumasan, dan Semarangan.
Giri khas tembang macapat ketiga gaya daerah tersebut diantaranya tampak pada lagu. Lagu macapat Banyumasan banyak menggunakan laras slendro miring. Lagu macapat semarangan yang berlaras slendro kental bernuansa diatonic atau selndro diatonic. Baik sebagai waosan berkonvensi lagu winengku sastra, lagu dibingkai sastra. Penggunaan wilet yaitu ornamensasi warna nada pada setiap wanda tembang, relative sederhana. Dalam konsep ini kejelasan pengucapan teks atau cakepan mendapatkan penekanan. Harapan pesan yang terkandung didalam teks dapat tersampaikan secara jelas.
Dalam kaset yang dituangkan dalam penuntun lagu ini melagukan waosan macapat gaya Surakarta. Macapat yang sama bias dilagukan dalam wilet yang lebih kompleks dala fungsi yang berbeda, misalnya sbagai bawa, suluk, shindenan, palaran dan lain-lain. Harapan dimunculkannya kaset audio visual ini adalah sekadar sebagai salah satu referensi untuk memandu para siswa, guru dan para pecinta budaya jawa dalam belajar nembang macapat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s